Denah Peta BIV Resto

Thursday, August 20, 2009

Komponen Kebugaran Jasmani

Komponen Kebugaran Jasmani 1
Kebugaran jasmani sangat penting dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari, akan tetapi nilai kebugaran jasmani tiap-tiap orang berbeda-beda sesuai dengan tugas/profesi masing-masing.

Kebugaran jasmani terdiri dari komponen-komponen yang dikelompokkan menjadi kelompok yang berhubungan dengan kesehatan (Health Related Physical Fitness) dan kelompok yang berhubungan dengan keterampilan (Skill Related Physical Fitness).

Dalam referensi hanya dijelaskan komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan.
1. Komposisi tubuh
a. Adalah persentase (%) lemak dari berat badan total Indeks Massa Tubuh (IMT).
b. Lemak cepat meningkat setelah berumur 30 tahun dan cenderung menurun setelah berumur 60 tahun.
c. Memberi bentuk tubuh.
d. Pengukuran : skinfold callipers, IMT = (berat badan dalam kg : tinggi badan dalam m2)
e. Obesitas pada anak-anak disebabkan oleh : hiperplasi dan hipertrofi sel adiposit serta input berlebihan.
f. Obesitas pada orang dewasa oleh : hiperplasi dan hipertrofi sel adiposit serta output yang kurang.

2. Kelenturan/fleksibilitas tubuh
    a. Adalah luas bidang gerak yang maksimal pada persendian,
        tanpa dipengaruhi oleh suatu paksaan atau tekanan.
    b. Dipengaruhi oleh :
        - Jenis sendi.
        - Struktur tulang.
        - Jaringan sekitar sendi, otot, tendon dan ligamen.
     c. Wanita (terutama ibu hamil) lebih lentur dari laki-laki.
     d. Anak-anak lebih besar dari orang dewasa.
     e. Puncak kelenturan terjadi pada akhir masa pubertas.
     f. Penting pada setiap gerak tubuh karena meningkatkan efisiensi kerja otot.
     g. Dapat mengurangi cedera (orang yang kelenturannya tidak baik cenderung mudah mengalami cedera).
     h. Pengukuran : duduk tegak depan (Sit and Reach Test) dengan flexometer.
3. Kekuatan otot
a. Adalah kontraksi maksimal yang dihasilkan otot, merupakan kemampuan untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan.
b. Laki-laki kira-kira 25% lebih besar dari wanita (testosteron merupakan anabolik steroid).
c. Diukur dengan dinamometer.

4. Daya tahan jantung paru
a. Kemampuan jantung, paru dan pembuluh darah untuk berfungsi secara optimal pada waktu kerja dalam mengambil O2 secara maksimal (VO2 maks) dan menyalurkannya ke seluruh tubuh terutama jaringan aktif sehingga dapat digunakan untuk proses metabolisme tubuh.
b. Kemampuan otot-otot besar untuk melakukan pekerjaan cukup berat dalam waktu lama secara terus-menerus.
c. Merupakan komponen kebugaran jasmani terpenting.
d. Pengukuran : test lari 2,4 km (12 menit), Bangku Harvard test, Ergocycles test.
5. Daya tahan otot
a. Merupakan kemampuan untuk kontraksi sub maksimal secara berulang-ulang atau untuk berkontraksi terus-menerus dalam suatu waktu tertentu.
b. Mengatasi kelelahan.
c. Pengukuran : push up test, sit up test.

2.3 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani
1. Umur 1
Kebugaran jasmani anak-anak meningkat sampai mencapai maksimal pada usia 25-30 tahun, kemudian akan terjadi penurunan kapasitas fungsional dari seluruh tubuh, kira-kira sebesar 0,8-1% per tahun, tetapi bila rajin berolahraga penurunan ini dapat dikurangi sampai separuhnya.
2. Jenis kelamin 1
Sampai pubertas biasanya kebugaran jasmani anak laki-laki hampir sama dengan anak perempuan, tapi setelah pubertas anak-anak laki-laki biasanya mempunyai nilai yang jauh lebih besar.
3. Genetik 1
Berpengaruh terhadap kapasitas jantung paru, postur tubuh, obesitas, haemoglobin/sel darah dan serat otot.

4. Makanan 1
Daya tahan yang tinggi bila mengkonsumsi tinggi karbohidrat (60-70%). Diet tinggi protein terutama untuk memperbesar otot dan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan otot yang besar.

5. Merokok 1
Kadar CO yang terhisap akan mengurangi nilai VO2 maks, yang berpengaruh terhadap daya tahan, selain itu menurut penelitian Perkins dan Sexton, nicotine yang ada, dapat memperbesar pengeluaran energi dan mengurangi nafsu makan.

6. Motivasi 2,3
Motivasi dapat didefinisikan sebagai suatu kekuatan dalam diri seorang individu yang memaksa individu tersebut untuk melakukan suatu aksi. Kekuatan yang memaksa itu terjadi karena adanya suatu kebutuhan yang belum terpenuhi dan baik secara sadar maupun tidak ia akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Atau motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).
Contoh : seorang pria yang mengikuti latihan fitness karena dia tahu bahwa berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. (Sehat inilah kondisi yang diinginkan oleh pria itu, caranya dengan berolahraga, dan usaha yang dilakukannya adalah dengan fitness).

7. Frekuensi latihan 4,5
Frekuensi adalah kekerapan dalam satu minggu. Untuk latihan kardiovaskular yang aman bagi pemula adalah menggunakan alat-alat seperti treadmill, sepeda statis, atau cross trainer dengan frekuensi latihan masing-masing 2 – 4 kali seminggu.

8. Durasi latihan 4,5
Durasi adalah lamanya dalam tiap sesi. Durasi total latihan bisa dilakukan minimal 45 – 90 menit per sesi (setiap kedatangan).

9. Jenis latihan 6,7
Olah tubuh dalam fitness terbagi menjadi beberapa jenis latihan, yaitu :
1. Latihan beban
Penggunaan beban sebagai alat bantu untuk meningkatkan kontraksi otot dapat termasuk dalam latihan beban.
2. Latihan kardio
Latihan ini lebih untuk meningkatkan detak jantung tanpa penggunaan beban.

10. Olahraga lain 8
Olahraga merupakan salah satu cara yang penting untuk menjaga kesehatan. Olahraga yang baik adalah olahraga yang membawa kebaikan, yaitu yang dilakukan secara teratur, pertengahan, dan tidak berlebihan. Diantara olahraga yang memungkinkan seseorang melakukannya, yaitu : berjalan, lompat tali, jogging/berlari, bulutangkis, berenang, tenis meja/lapangan, bersepeda, dan lain-lain.

11. Pekerjaan 9
Pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering dianggap sinonim dengan profesi.

12. Pendidikan 10
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

13. Perilaku 11
Perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan atau genetika.

14. Pengetahuan 12
Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip, dan prosedur yang benar atau berguna.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts